ulfah aisyah

ulfah aisyah
wanita yang selalu memberi semangat buatku

Kamis, 09 Juni 2011

MEMBERI DAN MENERIMA

MEMBERI adalah pangkal kebahagiaan, kemuliaan, kesuksesan, kekayaan, kemenangan, kehebatan, kegagahan, kebesaran, dan segala apa yang baik-baik. Oleh karena itu banyak ayat dan hadist yang menyuruh kita memberi. Yang dimaksudkan MEMBERI di sini tidak semestinya berupa uang. Kadang-kadang bisa berupa tenaga, fikiran / idea atau sekadar senyuman dan jasa baik. Perkataan yang sederajat dengan MEMBERI adalah membahagiakan, membantu, menolong, mengajar orang lain, menulis untuk orang lain dan memudahkan orang lain dan sejenisnya yang pada dasarnya membuat orang lain bergembira.
Lawan perkataannya adalah MENERIMA. Perbuatan MENERIMA bukanlah haram tetapi tidak digalakkan di dalam agama. Jika seseorang hanya terfokus kepada perbuatan MENERIMA sahaja, maka sukar baginya untuk mencapai apa-apa kejayaan. MENERIMA simbolik dengan kelemahan, kehinaan, kekecilan, kegagalan, kehancuran dan apa sahaja yang kurang baik.
PeEKr yang sederajat dengan MENERIMA adalah meminta, mengharap, meratap, minta belas kasihan, mengemis, mengharap subsidi.
Karena MENERIMA tidak dilarang, maka jika kita melakukan perbuatan MENERIMA, seharusnya kira mempunyai cita-cita untuk MEMBERI. Dengan itu kelemahan sementara kita bisa berubah menjadi kekuatan.
Jika kita menerima ilmu seharusnya kita berusaha untuk mengajar / memberikan ilmu itu kepada orang lain.
Jika kita menerima uang, maka seharusnya kita kembangkan uang itu agar kita bisa memberi bantuan uang kepada orang lain.
Berusahalah MEMBERI setiap saat, maka anda akan kuat dan berjaya. Insya Allah.

1 komentar: